Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Dunia Pendidikan

Dalam kehidupan suatu Negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup Negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, sekolah-sekolah di Indonesia sudah waktunya mengembangkan pendidikan berbasiskan system informasi agar mampu mengikuti perubahan jaman.

Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapimjuga suber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan internet.

Keunggulan teknologi informasi yan diperankan oleh internet dalam menyediakan informasi apa saja, yang ditayangkan secara multimedia, telah membawa perubahan dalam budaya belajar khususnya dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Saat ini, hanya lembaga pendidikan (berbagai Negara, telah menyelanggarakan pendidikan jarak jauh dengan menggunakan bantuan teknologi informasi). Pendidikan seperti ini dinamakan sebagai e-Education, E-Learning, e-Cmapus, Tele-Education, Cyber-Campus, Virtual University, dan sebagainya. Yang jugadilengkapi dengan digital library termasuk diantaranya e-Book.

Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini telah terbukti sebagai sarana komunikasi yang sangat handal dan sebagai sumber informasi yang tidak tebatas. Teknologi iformasi dan komunikasi dimanfaatkan hampir dalam setiap aspek kehidupan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dan keuntungan-keuntungan yang diperoleh.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan telah dilakukan di Negara-negara maju di Amerika Serikat, misalnya, pemanfaatan komputer dan jaringan komputer telah dilakukan sejak tahun 1980-an. Setiap siswa mempunyai kesempatan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Pemanfaatan teknologi informasi dan komuikasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian, penurunan tingkat putus sekolah, dan penurunan tingkat ketidakhadiran dikelas.

Di Indonesia pemanfaatan internet sebagai sarana pendidikan masih sangat minim, untuk tingkat perguruan tinggi saja, hanya beberapa perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dan itu pun belum maksimal, masih banyak aplikasi-aplikasi di Interner yang belum digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan yang dilakukan. Untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi jauh lebih minim lagi.

Ada banyak bentuk pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :

Berbagi hasil penelitian teknologi informasi dan komunikasi, dalam hal ini khususnya internet, telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagai hasil-hasil penelitian yang dilakukan di belahan dunia berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang berulang.

Konsultasi dengan pakar, internet juga banyak dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berbeda ditempat lain. Hal ini menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah. Seorang siswa di Pulau Kalimantan yang sedang melakukan penelitian dapat berkonsultasi dengan seoarang dosen di Pulau Jawa. Hal ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan layanan e-mail, chatting, ataupun mailing list di internet.

Perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di internet. Perpustakan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu. Perpustakaan online memungkinkan mahasiswa UPI dapat mengakses perpustakaan milik ITB.

Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan di internet. Aplikasi diskusi online memungkinkan para pelajar dapat saling bertukar pikiran tanpa harus berumpul di suatu tempat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s